Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah

Main Author: Tahidi, Budiarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1318/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1318/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1318/
ctrlnum 1318
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1318/</relation><title>Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah</title><creator>Tahidi, Budiarto</creator><subject>Pendidikan Agama Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret guru PNS dan guru Honorer dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SMP PGRI Tanjung Sial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 Desember 2020 sampai dengan tanggal 15 Januari 2021. Untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara konsioner dan dokumentasi. Sedangaka untuk analisis data menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.&#xD; Berdasarkan hasil analisis dapat ditari kesimpulan tentang Potret guru PNS dan guru Honorer diantarannya: Potret guru PNS, belum mampu menciptakan proses belajar mengajar dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik. Sedangkan guru Honorer, dalam mengelola proses belajar mengajar dikelas dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik.&#xD; Faktor penunjang guru PNS, suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, dan selalu berusaha mengembangkan strategi mengajar. Sedangkan faktor penunjang guru Honorer yaitu: suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, suka berkumpul bersama guru-guru yang lain.&#xD; Faktor penghambat guru PNS. Kurangnya sumber belajar yang dimiliki guru PNS, serta kurangnya tersedianya media belajar, masih sulit mengontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh, kurang kedisiplinan peserta didik dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat guru Honorer. Kurangnya sumber belajar yang dapat dimanfaatkan, kurang tersedianya media belajar yang dapat digunakan, masih sulit menggontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh.</description><date>2021-04-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1318/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1318/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Tahidi, Budiarto (2021) Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1318</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Tahidi, Budiarto
title Potret Guru PNS Dan Guru Honorer Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMP PGRI Tanjung Sial Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah
publishDate 2021
topic Pendidikan Agama Islam
url http://repository.iainambon.ac.id/1318/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1318/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1318/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret guru PNS dan guru Honorer dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SMP PGRI Tanjung Sial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 15 Desember 2020 sampai dengan tanggal 15 Januari 2021. Untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara konsioner dan dokumentasi. Sedangaka untuk analisis data menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditari kesimpulan tentang Potret guru PNS dan guru Honorer diantarannya: Potret guru PNS, belum mampu menciptakan proses belajar mengajar dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik. Sedangkan guru Honorer, dalam mengelola proses belajar mengajar dikelas dengan mengunakan metode yang barvariasi, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberitahukan hasil belajar, dan memberikan pujian kepada peserta didik. Faktor penunjang guru PNS, suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, dan selalu berusaha mengembangkan strategi mengajar. Sedangkan faktor penunjang guru Honorer yaitu: suka membaca buku-buku metode pembelajaran, serta aktif mengikuti forum-forum pelatihan, aktif berdiskusi dengan guru-guru yang lain, suka berkumpul bersama guru-guru yang lain. Faktor penghambat guru PNS. Kurangnya sumber belajar yang dimiliki guru PNS, serta kurangnya tersedianya media belajar, masih sulit mengontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh, kurang kedisiplinan peserta didik dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat guru Honorer. Kurangnya sumber belajar yang dapat dimanfaatkan, kurang tersedianya media belajar yang dapat digunakan, masih sulit menggontrol atau mengatur peserta didik, kurang keinginan peserta didik untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
id IOS6948.1318
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:25:30Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:02Z
recordtype dc
_version_ 1748660907836178432
score 17.538404