Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat

Main Author: Liang, Rosna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1288/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1288/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1288/
ctrlnum 1288
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1288/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat</title><creator>Liang, Rosna</creator><subject>Pendidikan Biologi</subject><description>Lembar kerja siswa merupakan LKS cetak berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem pencemaan pada manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat.&#xD; Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat dengan jumlah 26 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevaliclan lembar kegiatan siswa, memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,2. Hal tersebut dapat dilihat pada semua aspek penilaian yang berada pada kriteria sangat valid sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,18 sehingga clapat diujicobakan di lapangan. Kepraktisan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai rata-rata 2, 14 (terlaksana dengan baik). Keefektifan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan nilai rata-rata skor sebesar 78,93 (kriteria tinggi). Secara keseluruhan persentase rata-rata skor uji keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai 86%, dengan respons yang diberikan siswa terhaclap pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dari 26 siswa yang di amati sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positifterhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa.</description><date>2021-03-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1288/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1288/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Liang, Rosna (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1288</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Liang, Rosna
title Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat
publishDate 2021
topic Pendidikan Biologi
url http://repository.iainambon.ac.id/1288/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1288/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1288/
contents Lembar kerja siswa merupakan LKS cetak berisi materi, ringkasan dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai yang dipadukan dengan model pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Basic Learning Materi Sistem pencemaan pada manusia Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat. Penelitian ini merupakan pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Bina Karya Hatawano Kabupaten Seram Bagian Barat dengan jumlah 26 orang. Instrumen penelitian berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevaliclan lembar kegiatan siswa, memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 4,2. Hal tersebut dapat dilihat pada semua aspek penilaian yang berada pada kriteria sangat valid sehingga layak untuk digunakan. Sedangkan kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 4,18 sehingga clapat diujicobakan di lapangan. Kepraktisan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan dengan nilai rata-rata 2, 14 (terlaksana dengan baik). Keefektifan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan nilai rata-rata skor sebesar 78,93 (kriteria tinggi). Secara keseluruhan persentase rata-rata skor uji keefektifan perangkat pembelajaran mendapatkan nilai 86%, dengan respons yang diberikan siswa terhaclap pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa dari 26 siswa yang di amati sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positifterhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa.
id IOS6948.1288
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:25:29Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:02Z
recordtype dc
_version_ 1748660907808915456
score 17.538404