Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Ambon Program Studi PAI Angkatan 2017-2018

Main Author: Syahrudin, Syahrudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1244/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1244/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1244/
Daftar Isi:
  • Menghafal al-Qur’an merupakan perbuatan yang dicintai Allah SWT. Karena dengan cara tersebut, kemurnian al-Qur’an akan terjaga hingga akhir jaman. Kegiatan menghafal al-Qur’an sangat penting terhadap perkembangan otak seseorang, karena dengannya seseorang akan terbiasa mengingat apa yang dibaca dan dilihatnya, hal ini juga dibutuhkan dalam kegiatan proses belajar mengajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Menghafal al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Ambon Program Studi PAI Angkatan 2017-2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data yait angket menghafal al-Qur’an. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi PAI Angkatan 2017- 2018 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon yang berjumlah 223 Mahasiswa dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 33 mahasiswa. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS IBM 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Menghafal al- Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IAIN Ambon Program Studi PAI Angkatan 2017-2018, dengan memperoleh nilai a = konstanta sebesar 2,639 mengandung arti bahwa nilai konsisten dari variabel hasil belajar jika tidak ada menghafal al-Qur’an (X) adalah sebesar 2,639, b = koefisien regresi X sebesar 0,016 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai menghafal al-Qur’an, maka nilai hasil belajar bertambah 0,016. Dengan memperoleh nilai koefisien determinasi yaitu 0,172, yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel bebas (Menghafal al-Qur’an) terhadap variabel terikat (Hasil Belajar) adalah sebesar 17,2 %.