Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri2 Kepulauan Manipa Kelas Jauh Pilar
Main Author: | Tomia, Isman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1235/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1235/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1235/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah proses menemukan solusi atau jawaban. Pada saat memecahkan masalah siswa dihadapkan dengan beberapa tantangan seperti kesulitan dalam memahami soal. Dalam penelitian ini langkah-langkah yang akan digunakan melalui empat tahapan pemecahan masalah (Polya) yaitu, memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan penyelesaian, dan melakukan pengecekan kembali. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi operasi bilangan pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kepulauan Manipa kelas jauh pilar. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Data yang diperoleh mengacu pada langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Subjek dalam penelitian ini perwakilan dari 6 orang siswa, dimana dari 6 orang tersebut diambil 2 orang siswa sebagai subjek. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui subjek penelitian memiliki kemampuan pemecahan masalah, dimana subjek (S1) dan subjek (S2) mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian. Subjek dapat memahami masalah dari kemampuan menuliskan yang diketahui dan yang ditanya, merencanakan pemecahan masalah diketahui dari kemampuan membuat model matematika pada tiap-tiap langkah dan mampu menjelaskanya. Melaksanakan rencana pemecahan masalah yang diketahui, menyelesaikan soal kemudian menjelaskan ulang tiap-tiap langkah penyelesaian, dan mengecek kembali dari awal sampai akhir dari kemampuan menggunakan penyelesaian pemecahan masalah.