Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di kelas VIII SMP Negeri 11 Seram Barat
Main Author: | Usman, Muhammad Kamsir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1218/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1218/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1218/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pada kelas VIII SMP N 11 Seram Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan di SMP N 11 Seram Barat terhitung dari tanggal 18 November 2019 sampai dengan 18 Desember 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa, proses pengembilan subjek berdasarkan hasil pekerjaan siswa yang menjawab benar dan langkah-langkah penyelesaian memenuhi indikator berpikir kritis dan mampu untuk mengungkapkan apa yang dipertanyakan peneliti. Instrument yang digunakan adalah soal tes, dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal operasi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII SMP N 11 Seram Barat memenuhi 6 kriteria berpikir kritis. Karakteristik berpikir kritis siswa S1 pada proses think alouds, mampu menjawab benar dan telah memenuhi 6 kriteria berpikir kritis tersebut yaitu mampu memahami masalah, menggunakan metode serta memberikan alasan berdasarkan fakta atau bukti yang relevan dari langkah penyelesaiaan, membuat kesimpulan dari alasan yang telah dikemukakan, menggunakan semua informasi sesuai dengan permasalahan, mampu membedakan beberapa hal dengan jelas, serta meneliti kembali hasil penyelesaian secara menyeluruh. Sedangkan siswa S2 pada proses think alouds, penyelesaiaan yang dilakukan belum memenuhi indikator berpikir kritis. Namun setelah diretleksi kembali dengan diberikan soal yang sama dan dilakukan wawancara, siswa S2 mampu memahami masalah, menggunakan metode serta memberikan alasan berdasarkan fakta atau bukti yang relevan dari Jangkah penyelesaiaan, membuat kesimpulan dari alasan yang telah dikemukakan, menggunakan semua informasi sesuai dengan permasalahan, mampu mernbedakan beberapa hal dengan jelas yaitu dengan melakukan pembuktian, serta meneliti kembali hasil penyelesaian secara menyeluruh.