Kesadaran Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking (HOT) pada Materi Bilangan Bulat

Main Author: Sahmat, Sulhu Diah Rafidia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1207/1/BAB%20I%2CIII%2CV.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1207/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1207/
Daftar Isi:
  • Kesadaran metakognisi merupakan peran penting dalam mendukung kesuksesan siswa dalam menyelesiakan soal yang diberikan dengan kesadaran metakognisi membantu siswa untuk meyakini kemampuan pada diri sendiri agar apa yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang dinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking (HOT) pada bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon yang diberikan soal tes dengan menggunakan think alouds dan diwawancarai kemudian diambil 2 orang sebagai perwakilan subjek yang memenuhi indikator kesadaran metakognisi. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa memenuhi indikator kesadaran metakognisi yakni dalam memikirkan tentang apa yang sudah diketahui menjabarkan dan menjelaskan seluruh informasi pada soal, kemudian siswa mengetahui permasalahan yang sedang dikerjakan, yaitu mengetahui persoalan atau permasalahan yang ditanyakan dalam soal dan siswa juga mengetahui apa yang harus dilakukan, (menentukan langkah awal hingga proses menarik kesimpulan) serta memikirkan tentang sesuatu yang telah dilakukan di lain waktu untuk membantu (menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dalam menyelesaikan setiap proses pengoperasian bilangan bulat untuk memperoleh hasil yang tepat).