Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII MTs AL-Ansor Ambon

Main Author: Raisa, Mimi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1194/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1194/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1194/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa kelas VIII MTS AL-Ansor Ambon dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel yang ditinjau dari gaya kognitif. Sehingga dapat diketahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa serta penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif siswa tersebut. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 28 november 2019 sampai dengan 21 desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan subjek yang ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu Field independent(FI) dan Field dependent(FD) cenderung melakukan kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip, tapi letak kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut bebeda-beda.