Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Aritmatika Sosial

Main Author: Wabula, Fitriyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1188/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1188/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1188/
Daftar Isi:
  • Kesalahan adalah kekeliruan dalam melakukan sesuatu perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi aritmatika sosia kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy‟ari Ambon selama 1 bulan dari tanggal 6 Oktober sampai 6 November 2020. Subjek penelitian berjumlah 2 orang yang diambil dari 5 orang siswa kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon. Instrument yang digunakan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah materi aritmatika sosial kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon adalah kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses penyelesaian dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan membaca terjadi karena siswa tidak bisa memaknai simbol atau istilah, kesalahan memahami masalah terjadi karena siswa tidak bisa menjelaskan bagianbagian dari hal yang diketahui dengan benar, kesalahan transformasi terjadi karena siswa tidak menguasai rumus dengan baik, kesalahan proses penyelesaian terjadi karena siswa masih kurang memahami prosedur operasi matematika dengan baik, dan kesalahan penulisan jawaban akhir terjadi karena siswa tidak menyimpulkan hasil penyelesaian.