Peningkatan hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan manusia melalui strategi pembelajaran aktif (Min Maps) kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon

Main Author: Umagapi, Nurleni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1162/1/FULL%20SKRIPSI_54.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1162/2/BAB%20I%2C%20III%2C%20V_54.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1162/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Aktif merupakan cara belajar kreatif bagi setiap siswa yang telah dikembangkan oleh Tonny Buzan. Mind Mapping digunakan oleh para guru dalam pelajaran dengan tujuan agar siswa bisa menghasilkan gagasan, mencatat apa yang telah dipelajari atau merencanakan tugas baru. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yakni penelitian yang digunakan di kelas melalui repleksi diri yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dan memperbaiki kinerja untuk meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumntasi. Tehnik Analisis Data menggunakan persen (persentase corrrection) untuk menghitung persentase dari skor maksimum ideal yang seharusnya di capai. Indikator Keberhasilan Seseorang siswa dikatakan telah mencapai kekuntasan individual bila memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 65 dan 75% ketuntasan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Strategi Pembelajaran Aktif (Min Maps) kelas VIII SMP Muhammadiyah Ambon. Hal ini dapat dilihat dari 37 siswa yang memperoleh nilai, yaitu 1 siswa atau 2,70% belum mencapai KKM, sedangkan 36 s u d a h mencapai K K M atau 97,30% dan hasil belajar tersebut sudah mencapai KKM ketuntasan secara klasikal