Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku

Main Author: Tuanany, Maimuna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1126/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1126/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1126/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Investigasi kelompok dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pulau Haruku. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Dimana penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuaan yang dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kualifikasi (pengukuran), penelitian dilaksanakan selama satu bulan terhitung pada tanggal 22 Juni 2020 – 22 Juli 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP N 5 Pulau Haruku. Teknik analisis data merunjuk pada analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, regresi linier sederhana dan uji–t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi lingkaran kelas VIII SMP N 5 Pulau Haruku. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 17 diperoleh hasil thitung sebesar 2,603 dan lebih besar dari taraf signifikan 5% dengan dk = 44 didapatkan ttabel sebesar 2,015 dan karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.