Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi System Pencernaan Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Huamual Belakang
Main Author: | Tuhuteru, Rais |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1119/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1119/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1119/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan upaya untuk membelajarkan siswa melalui interaksi edukatif. Proses pembelajaran akan efektif jika ditunjang dengan bahan ajar yang memadai seperti modul yang didesain dengan menggunakan model tertentu. Modul yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah modul yang berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing. 2) Mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Huamual Belakang. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, desain pembelajaran 4D, yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, design, develop, dan dessimenate. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan soal tes. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07 september - 07 oktober 2020 di SMP Negeri 7 Huamual Belakang. Tipe penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Depelovment (R & D). Hasil pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing di peroleh nilai validitas 4,5 (valid), kepraktisan 3,8 (praktis) dan efektifitas dengan ketuntasan belajar siswa rata-rata 89,5 (efektif) serta respon positif terhadap modul dari siswa dengan presentase 93,5%. Berdasarkan hasil tersebut maka modul yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan.