Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Seram Barat Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial

Main Author: Simal, Junardin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1118/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1118/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1118/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran proporsional siswa kelas VII SMP Negeri 6 Seram Barat dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial.Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi untuk memperoleh data yang bersifat kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran proporsional siswa kelas Vll SMP Negeri 6 Seram Barat dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial.Penelitian dilaksanakan dari tanggal 20 Juli 2020 – 1 September 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Seram Barat.Teknik analisis data merujuk pada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penalaran proporsional siswa kelas VII SMP Negeri 6 Seram Barat diperoleh bahwa siswa pada tahap berpikir Relatif yaitu siswa mampu mengenali perbedaan antara perubahan rasio dan perubahan kovarasi, siswa mampu menyebutkan apa yang ditanyakan dalam soal,siswa mampu menyebutkan hubungan yang ditanyakan pada soal . Selanjutnya pada tahap Ratio Sense yaitu siswa mampu memahami situasi dimana siswa mengunakan rasio yang masuk akal dan tepat antara untung dan rugi, menjelaskan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan rasio adalah sebuah perbandingan. Selanjutnya pada tahap Number Interpretation yaitu siswa mampu menentukan simbol pecahan dari soal yang ditanyakan, siswa mampu mendeteksi kesalahan dalam menentukan simbol pecahan, kemudian siswa mampu memperbaiki dan menjelaskan jika terjadi kesalahan dalam menentukan penyelesaian simbol pecahan, dan selanjutnya pada tahap Unitizing yaitu siswa mampu memilih satu rasio sebagai satu unit yang berbeda dan kemudian siswa membuat kesimpulan pada satu rasio dengan benar. Sehingga siswa memenuhi 4 indikator penalaran proporsional yaitu Berpikir Relatif, Ratio Sense, Number Interpretation dan Unitizing.