Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Role Playing Pada Konsep Fotosintesis Untuk Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ambon

Main Author: Waliulu, Irna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1113/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1113/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1113/
Daftar Isi:
  • Salah satu pendukung berhasilnya proses pembelajaran di sekolah yaitu dengan adanya perangkat pembelajaran. Contoh perangkat pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran yaitu Lembar Kerja Siswa berbasis role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas LKS berbasis role playing pada konsep fotosintesis untuk siswa kelas VIII MTs Negeri Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan kemudian disederhanakan menjadi tujuh tahapan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 September 2019 – 6 Oktober 2019 berlokasi di MTs Negeri Ambon. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ;, Lembar Validasi, Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran Soal Tes dan Angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan research and development (R & D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dilapangan yaitu Pendahuluan (Research and Information Collecting), Tahap Perencanaan (Planning), Tahap pengembangan desain produk (Develop Preliminary of Product), dan lain- lain. Kualitas lembar kerja siswa berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan dengan nilai kevalidan 4,15, kepraktisan 4,32, dan keefektifan 85,71% untuk hasil belajar. 75% untuk respon siswa positif. Maka perangkat yang dikembangkan dalam penelitian termasuk kategori valid, efektif dan praktis serta layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.