Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Saintifik Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon

Main Author: Kabau, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1057/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1057/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1057/
Daftar Isi:
  • Dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics yang memiliki prinsip bahwa mengajarkan matematika harus dimulai dari hal yang bersifat kontekstual, siswa akan lebih memahami materi matematika sehingga siswa tidak akan mengalami kesulitan memahami materi matematika yang bersifat abstrak. Model pembelajaran Realistic Mathematics memiliki beberapa keunggulan diantaranya siswa membangun sendiri pengetahuannya, suasana dalam proses pembelajaran menjadi menyenangkan, memupuk kerjasama kelompok, serta pendidikan budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Saintifik Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, rubrik penilaian siswa dan angket respon siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 110 siswa. sampel penelitian ini adalah kelas VII2 dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan uji hipotesis pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan penalaran saintifik siswa pada materi himpunan diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari pada nilai a artinya hipotesis H1 diterima. hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan penalaran saintifik pada materi himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon. Besar pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan penalaran saintifik Pada materi himpunan Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon. Diperoleh sebesar 47,3%. dan sisanya 52,7% dipengaruhi variabel lain diluar variabel pembelajaran matematika ralistik.