How To Instill Islamic Values To Children: A Case Study at Dewi Masyitoh Kindergarten

Main Author: Afriani, Zelvia Liska
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1868
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1868/2229
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/downloadSuppFile/1868/97
Daftar Isi:
  • Abstrak: Bagaimana Menanamkan Nilai-Nilai Islam Pada Anak-Anak: Studi Kasus di PAUD Dewi Masyitoh Orang tua harus berhati-hati tentang bagaimana mereka mengajar dan memperlakukan anak-anak mereka. Salah satu alasannya adalah karena anak-anak memahami informasi di sekitar mereka tanpa memilih dan kemudian menirunya. Sebagai akibatnya, nilai-nilai Islami menjadi faktor penting dalam membangun karakter anak-anak. Saat ini, sebagian besar orang tua menitipkan anak-anaknya ke penitipan anak karena beban kerja mereka menuntut mereka untuk melakukan hal demikian. Oleh karena itu, orang tua harus tepat dalam memilih tempat yang tepat bagi anak-anak untuk belajar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana para guru di PAUD Dewi Masyitoh mendidik dan menerapkan nilai-nilai ini selama mengajar dan belajar. PAUD Dewi Masyitoh yang berlokasi di Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia adalah salah satu tempat penitipan anak yang tidak hanya mendidik tetapi juga menerapkan nilai Islam di kelas. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan hasil bahwa menanamkan nilai-nilai Islami sejak dini akan melindungi anak-anak ketika mereka tumbuh dan menghadapi masalah nanti. Diharapkan, hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi orang tua baru dan para guru sekolah.Abstract : How To Instill Islamic Values To Children: A Case Study at Dewi Masyitoh KindergartenParents should be carefully aware of how they teach and treat their children. One of the reasons is mainly because the children grasp the information around them through adopting and imitating. As a consequence, it plays a significant factor in building children's character. Nowadays, majorly parents send their children to the day-care because their workload demands them to do so. Hence, to be concerned about choosing the appropriate place for children to learn is necessary. Thus, this study aims to examine how teachers in Dewi Masyitoh Kindergarten educate and apply these values during teaching and learning. Dewi Masyitoh Kindergarten located at Pemalang, Central Java, Indonesia, is one of the early childhood educations which not only educates but also applies Islamic values in the classroom. Through a descriptive study that was employed in this study it is believed that by early introduction, it will guard the children as they grow and live. The result of this study is expected to present a beneficial insight for parents and teachers