Pengaruh Pembelajaran melalui Model Problem Solving Fisika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas X MIPA MAN 1 Kota Bengkulu

Main Authors: Kurniati, Nia, Swistoro, Eko, Putri, Desy Hanisa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Unib Press, Universitas Bengkulu , 2018
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/5829
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika/article/view/5829/2816
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving fisika terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah kelas XMIPAdi MAN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment designs) dan penelitian desain pre eksperimen (one group pretest-postest design). Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling purposive yang diperoleh siswa kelas X MIPA 2 ( N = 37) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 3 (N = 38) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis Uji-T dua sampel independen melalui nilai rata-rata posttest hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,47 > 1,99), sedangkan hasil analisis deskriptif kemampuan pemecahan masalah melalui nilai rata-rata (posttest KPM – pretest KPM) menghasilkan 63,5. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan model problem solving fisika terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalahKata kunci: Model Problem Solving Fisika, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah