Pengaruh Konsep Diri Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Fisika SMAN Di Kabupaten Sorong

Main Author: Fathurrahman, Fathurrahman
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong , 2020
Online Access: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/539
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/539/433
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh i) konsep diri terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Sorong; ii) perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Sorong; iii) konsep diri terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Sorong; dan iv) perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didikkelas XI SMA di Kabupaten Sorong; v) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didikkelas XI SMA di KabupatenSorong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Sorong dengan jumlah 915 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 278 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah diujicoba empirik. Data hasil penelitian dianalis dengan menggunakan metode analisis Structural equation modeling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS).