Penggunaan Media Jam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Waktu pada Siswa Kelas II SD Inpres 98 Klafdalim Distrik Moisegen Kabupaten Sorong
Main Author: | Kaminem, Kaminem |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
, 2016
|
Online Access: |
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/164 https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/164/144 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media jam terhadap daya serap siswa dibandingkan tanpa menggunakan media Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 20 siswa di SD Inpres 98 Klafdalim Distrik Moisegen Kabupaten Sorong. Aspek yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini adalah proses siswa menemukan konsep, dan keterampilan menyelesaikan soal dengan menggunakan media konkrit berupa jam asli dan jam buatan. Dengan menggunakan media jam ternyata daya serap siswa tentang waktu dirasakan lebih mudah. Pencapaian KKM terhadap kompetensi dasar dalam memahami waktu menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 60%. Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan pemilihan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal soal matematika tentang waktu khususnya dan materi lain umumnya.