Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Inpres 98 Klafdalim Distrik Moisegen Kabupaten Sorong
Main Author: | Diyono, Diyono |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
, 2016
|
Online Access: |
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/163 https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/163/143 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaarn IPA setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa Kelas V SD Inpres 98 Klafdalim dan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa Kelas V SD Inpres 98 Klafdalim. Tahapan penelitian tindakan pada suatu siklus meliputi perencanaan atau pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus ini berlanjut dan akan dihentikan jika sesuai dengan kebutuhan dan dirasa sudah cukup. Perbaikan pembelajaran ini mengacu pada perbaikan pembelajaran yang berkesinambungan. Kemmis dan Taggart (1988:14) menyatakan bahwa model penelitian tindakan adalah berbentuk spiral. Berdasarkan hasil diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 73,75 dan dari 20 siswa yang telah tuntas sebanyak 17 siswa dan 3 siswa belum mencapai ketuntasan belajar.pada siklus II Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 85% (termasuk kategori tuntas). Hasil pada siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan.