Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Kompetensi Dasar Operasi Hitung Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Eni, Imas |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
, 2017
|
Online Access: |
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/123 https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/123/105 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran tutor sebaya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika khususnya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah melalui pembelajaran tutor sebaya. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dalam tiap siklus dan persentase aktivitas kelas. Terbukti dari kondisi awal dengan nilai rata-rata awal atau pra siklus sebesar 64 yang tuntas 57% dan yang tidak tuntas 43%. Siklus I nilai rata – rata 69 yang tuntas 71% dan yang belum tuntas 29%. Pada siklus I belum mencapai ketuntasan karena tuntas tuntas jika hasilnya 85%. Sehingga diadakan siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 81 dan mencapai ketuntasan 100%.