Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong
Main Author: | Duppa, Kornelius Seba |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
, 2017
|
Online Access: |
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/116 https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/116/99 |
Daftar Isi:
- : Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Prosedur penelitian dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Teknik penelitian melalui teknik tes dan non-tes dengan analisisnya adalah aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian telah mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2014/2015. Keadaan tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa: 1) kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses belajar mengajar pada siklus II berkategori sangat baik dan 2) nilai ulangan siswa untuk setiap siklus senantiasa mengalami peningkatan secara signifikan, sampai dengan siklus terakhir menunjukkan 87,5% siswa mendapat nilai ulangan yang telah memenuhi kriteria belajar tuntas dengan nilai lebih dari atau sama dengan 67 (KKM) lebih dari 85 %.