Manfaat Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kehadiran Siswa Di Sekolah Pada Siswa Kelas Kelas Viii Smp N 1 Kabupaten Sorong Semester Ii (Genap) Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Author: umi, Coiroel
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong , 2017
Online Access: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/112
https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/112/95
Daftar Isi:
  • : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran siswa di sekolah melalui layanan konseling kelompok. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengubah tingkat kedisiplinan terutama kehadiran siswa di sekolah. Penelitian dilakkan pada siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas yang berjumlah 8 orang, metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif. Desain  penelitian menggunakan model Kemmis Taggart dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dapat meningkatkan kehadiran siswa kelas VIII SMP N 1 Kabupaten Sorong semester II tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan  pada kondisi awal ada 8 siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas dan setelah mereka mendapatkan layanan konseling kelompok maka pada kondisi akhir tinggal 2 orang siswa yang sering tidak masuk kelas atau meningkat sebesar 75 % dari kondisi sebelumnya. Selanjutnya untuk siswa yang belum mengalami perubahan maka akan diberikan layanan konseling individu, supaya mereka dapat mengatasi masalah yang dialami sehingga dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.