Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri

Main Author: Nurwijayanti, Nurwijayanti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Tribhuwana Tunggadewi , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809
https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf
ctrlnum article-809
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri</title><creator>Nurwijayanti, Nurwijayanti</creator><subject lang="en-US">Pola Makan, Kebiasaan Sarapan,Status Gizi,Prestasi Belajar</subject><description lang="en-US">Ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan belajar diantaranya pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi. Kekurangan zat gizi akan mengurangi konsentrasi belajar siswa sehingga dapat menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa di SMK. Design penelitian analitik korelasi dengan cara pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMK kelas 1 dan 2 dengan sampel 54 responden secara simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner setelah itu diuji dengan Uji Regresi Ordinal. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah responden pola makannya dalam kategori cukup yaitu 25 responden (46,3%), sebagian besar responden mempunyai kebiasaan sarapan dalam kategori sering yaitu 30 responden (55,6%), sebagian besar responden mempunyai status gizi normal yaitu 37 responden (68,5%) dan ada pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa SMK ( Uji Regresi Ordinal &#x3C1; = 0,015 &lt; 0,05 maka Ho ditolak). Pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi harus diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa</description><publisher lang="en-US">Universitas Tribhuwana Tunggadewi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-03-06</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809</identifier><identifier>10.33366/cr.v6i1.809</identifier><source lang="en-US">Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan; Vol 6, No 1 (2018); 54-63</source><source>2527-8487</source><source>2089-4503</source><source>10.33366/jc.v6i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan</rights><recordID>article-809</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Nurwijayanti, Nurwijayanti
title Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri
publisher Universitas Tribhuwana Tunggadewi
publishDate 2018
topic Pola Makan
Kebiasaan Sarapan
Status Gizi
Prestasi Belajar
url https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809
https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf
contents Ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan belajar diantaranya pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi. Kekurangan zat gizi akan mengurangi konsentrasi belajar siswa sehingga dapat menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa di SMK. Design penelitian analitik korelasi dengan cara pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMK kelas 1 dan 2 dengan sampel 54 responden secara simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner setelah itu diuji dengan Uji Regresi Ordinal. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah responden pola makannya dalam kategori cukup yaitu 25 responden (46,3%), sebagian besar responden mempunyai kebiasaan sarapan dalam kategori sering yaitu 30 responden (55,6%), sebagian besar responden mempunyai status gizi normal yaitu 37 responden (68,5%) dan ada pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa SMK ( Uji Regresi Ordinal ρ = 0,015 < 0,05 maka Ho ditolak). Pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi harus diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
id IOS6935.article-809
institution Universitas Tribhuwana Tunggadewi
institution_id 94
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Tribhuwana Tunggadewi
library_id 609
collection Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan
repository_id 6935
subject_area Medicine and Health/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Professional Nurses/Keperawatan Profesional
Public Healt Nursing/Keperawatan Publik
city KOTA MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS6935
first_indexed 2019-04-04T01:48:28Z
last_indexed 2019-04-04T01:48:28Z
recordtype dc
_version_ 1686475034438139904
score 17.538404