Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri
Main Author: | Nurwijayanti, Nurwijayanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809 https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf |
ctrlnum |
article-809 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri</title><creator>Nurwijayanti, Nurwijayanti</creator><subject lang="en-US">Pola Makan, Kebiasaan Sarapan,Status Gizi,Prestasi Belajar</subject><description lang="en-US">Ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan belajar diantaranya pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi. Kekurangan zat gizi akan mengurangi konsentrasi belajar siswa sehingga dapat menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa di SMK. Design penelitian analitik korelasi dengan cara pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMK kelas 1 dan 2 dengan sampel 54 responden secara simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner setelah itu diuji dengan Uji Regresi Ordinal. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah responden pola makannya dalam kategori cukup yaitu 25 responden (46,3%), sebagian besar responden mempunyai kebiasaan sarapan dalam kategori sering yaitu 30 responden (55,6%), sebagian besar responden mempunyai status gizi normal yaitu 37 responden (68,5%) dan ada pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa SMK ( Uji Regresi Ordinal ρ = 0,015 < 0,05 maka Ho ditolak). Pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi harus diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa</description><publisher lang="en-US">Universitas Tribhuwana Tunggadewi</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-03-06</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809</identifier><identifier>10.33366/cr.v6i1.809</identifier><source lang="en-US">Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan; Vol 6, No 1 (2018); 54-63</source><source>2527-8487</source><source>2089-4503</source><source>10.33366/jc.v6i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan</rights><recordID>article-809</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Nurwijayanti, Nurwijayanti |
title |
Pola Makan,Kebiasaan Sarapan dan Status Gizi Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK di Kota Kediri |
publisher |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi |
publishDate |
2018 |
topic |
Pola Makan Kebiasaan Sarapan Status Gizi Prestasi Belajar |
url |
https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809 https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/809/pdf |
contents |
Ada banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan belajar diantaranya pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi. Kekurangan zat gizi akan mengurangi konsentrasi belajar siswa sehingga dapat menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa di SMK. Design penelitian analitik korelasi dengan cara pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMK kelas 1 dan 2 dengan sampel 54 responden secara simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner setelah itu diuji dengan Uji Regresi Ordinal. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah responden pola makannya dalam kategori cukup yaitu 25 responden (46,3%), sebagian besar responden mempunyai kebiasaan sarapan dalam kategori sering yaitu 30 responden (55,6%), sebagian besar responden mempunyai status gizi normal yaitu 37 responden (68,5%) dan ada pengaruh pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa SMK ( Uji Regresi Ordinal ρ = 0,015 < 0,05 maka Ho ditolak). Pola makan, kebiasaan sarapan dan status gizi harus diperhatikan dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa |
id |
IOS6935.article-809 |
institution |
Universitas Tribhuwana Tunggadewi |
institution_id |
94 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Tribhuwana Tunggadewi |
library_id |
609 |
collection |
Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan |
repository_id |
6935 |
subject_area |
Medicine and Health/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan Professional Nurses/Keperawatan Profesional Public Healt Nursing/Keperawatan Publik |
city |
KOTA MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS6935 |
first_indexed |
2019-04-04T01:48:28Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:48:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686475034438139904 |
score |
17.538404 |