STRATEGI PROMOSI PADA LEMBAGA MANEJEMEN INFAQ CABANG BOJONEGORO DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN ZAKAT INFAQ DAN SHODAQOH
Main Authors: | AFAN MUKHZAENI,Drs, MM (Dosen Pembimbing II), ZAINUL ABIDIN (Pengarang), SUGIYANTO, Drs, MM (Dosen Pembimbing I) |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STIEKIA Library
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stiekia.ac.id//index.php?p=show_detail&id=14 http://repository.stiekia.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/Cover.jpg.jpg |
Daftar Isi:
- Startegi promosi merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan atau lembaga terutama pada lembaga zakat, yaitu Lembaga Manajemen Infaq cabang Bojonegoro dalam meningkatkan perolehan dana Zakat Infaq dan Shodaqoh dari masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat dari data yang penulis teliti mulai tahun 2008 sampai tahun 2010. Sehingga analisis yang penulis ambil adalah kegiatan promosi yang di lakukan oleh Lembaga Manajemen Infaq cabang Bojonegoro yang memang sangat berpengaruh terhadap peningkatan atau perolehan dana zakat infaq dan shodaqoh.Jenis penelitian yang dipakai penulis mengunakan penelitian deskriptif yaitu bersifat mengambarkan berdasarkan data yang ada. Sedangkan metode pengumpulan data yang penulis pakai adalah berupa observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis SWOT untuk mengambarkan dan mengetahui kekuatan promosi dalam meminimalisir kelemahan dan ancaman baik yang datang dari luar maupun dalam. Sedangkan analisis kuantitatif mempergunakan analisis regresi linear square untuk mengetahui jumlah perolehan dana zakat infaq dan shodaqoh ditahun mendatang.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan adalah bahwa dalam merencanakan suatu strategi pelaksanaan promosi Lembaga Manajemen Infaq cabang Bojonegoro mempunyai beberapa tahapan penting dalam meningkatkan perolehan dana zakat infaq dan shodaqoh, yaitu dalam pelaksanaannya telah menggunakan strategi promosi berupa periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), dan pemasaran langsung (direct marketing). Demikian halnya juga berpengaruh terhadap jumlah perolehan dana zakat infaq dan shodaqoh dari masyarakat mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 mengalami peningkatan.
- 63 Halaman