Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Kota Langsa
Main Authors: | Alham, Fiddini , Anzitha, Silvia, Muslimah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Samudra
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejurnalunsam.id/index.php/jagris/article/view/2316 https://ejurnalunsam.id/index.php/jagris/article/view/2316/1720 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kota Langsa, dengan menggunakan dua pendekatan yaitu marjin pemasaran dan farmer’s share. Objek penelitian adalah petani sawit di Kota Langsa, dengan jumlah sampel petani sebanyak 50 orang, dan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Dari penelitian didapatkan hasil marjin pemasaran di agen pada saluran pemasaran I adalah Rp. 286,00, sedangkan keuantungan yang diterima agen adalah Rp. 106,00. Untuk saluran pemasaran II, peneliti hanya mendapatkan informasi harga jual petani dan harga beli di tingkat pabrik yaitu Rp. 1.080,00. Marjin pemasaran untuk saluran pemasaran II adalah nol. Nilai farmer’s share terbesar yaitu 100% berada pada saluran pemasaran II, dengan marjin pemasaran sebesar nol. Sehingga disimpulkan bahwa saluran pemasaran II lebih efesien dari pada saluran pemasaran I.