EVALUATION OF ESP TEXTBOOK FOR PHARMACY STUDENTS IN MUHAMMADIYAH PHARMACEUTICAL ACADEMY OF KUNINGAN: CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) MODEL

Main Author: Sukisno, Sukisno
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi D-3 Farmasi STIKes Muhammadiyah Kuningan , 2019
Online Access: http://ojs.stikes-muhammadiyahku.ac.id/index.php/jurnalfarmaku/article/view/81
http://ojs.stikes-muhammadiyahku.ac.id/index.php/jurnalfarmaku/article/view/81/36
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Buku Teks ESP di Akademi Farmasi Muhammadiyah Kuningan dengan menggunakan model Konteks, Input, Proses, Produk (CIPP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konteks Buku teks ESP dengan evaluasi konteks; umpan balik dari tujuan dan dimensi konten Buku teks ESP yaitu dengan evaluasi input; proses pengajaran dan pembelajaran menggunakan Buku teks ESP dengan evaluasi proses; hasil pembelajaran menggunakan Buku teks ESP dengan evaluasi produk dan untuk mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan Buku teks ESP untuk mahasiswa farmasi. Penelitian ini menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen triangulasi; kuesioner untuk siswa, wawancara untuk dosen dan observasi kelas. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa dan seorang dosen Bahasa Inggris. Berdasarkan data yang diperoleh evaluasi konteks menunjukkan bahwa buku teks ESP saat ini tidak relevan dengan keinginan dan tujuan siswa, sehingga kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran belum terpenuhi dengan kurikulum dan harapan siswa. Evaluasi input menunjukkan bahwa buku teks yang digunakan oleh dosen baik dalam hal isi dan fisik belum memenuhi standar INQF, sehingga perlu dievaluasi untuk meningkatkan buku teks secara berkelanjutan. Evaluasi proses pengajaran dan pembelajaran dengan menggunakan buku teks menunjukkan bahwa tidak semua mata pelajaran berguna untuk bidang siswa farmasi, sehingga bahan-bahan penting yang dapat mempraktikkan keempat keterampilan mereka harus dimasukkan dalam isi buku teks. Terakhir, evaluasi produk berdasarkan data menunjukkan bahwa buku teks masih memiliki banyak kekurangan, sehingga buku teks harus direvisi berdasarkan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan bidang mereka dan pengetahuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan mereka setelah lulus.