HUBUNGAN LENGTH OF STAY DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN PRIORITAS SATU DI IGD RSUD dr. HENDRIKUS FERNANDEZ LARANTUKA

Main Author: Irman, Ode; Unipa
Other Authors: Unipa
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STIKes Maharani Malang , 2018
Subjects:
Online Access: http://jnc.stikesmaharani.ac.id/index.php/JNC/article/view/118
http://jnc.stikesmaharani.ac.id/index.php/JNC/article/view/118/134
http://jnc.stikesmaharani.ac.id/index.php/JNC/article/downloadSuppFile/118/21
Daftar Isi:
  • Length of stay (LOS) dan kepuasan keluarga pasien berperan penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di IGD. Lamanya perawatan dan kepuasan keluarga pasien menentukan kualitas dalam pelayanan di IGD. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan hubungan LOS dengan kepuasan keluarga pasien prioritas satu di IGD RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka.Jenis Penelitian yaitu analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien pasien prioritas satu beserta keluarga di IGD RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Sampling yang digunakan yaitu consecutive sampling. Besar sampel sebanyak 92 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan kuesioner, kemudian diuji dengan uji statistik koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan LOS tidak sesuai standar dan keluarga tidak puas sebanyak 47 orang (85.5%). LOS sesuai standar dengan keluarga merasa puas sebanyak 28 orang (75.7%). Hasil uji koefisien kontingensi diperoleh p value (0,000) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima jadi ada hubungan LOS dengan kepuasan keluarga pasien prioritas satu di IGD RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka dengan kekuatan hubungan = 0.523, termaksud dalam kategori sedangPenelitian ini mengindikasikan pentingnya pihak rumah sakit untuk mempercepat perawatan di IGD, memperhatikan jumlah sumber daya manusia (dokter-perawat), penambahan fasilitas, sehingga LOS sesuai standar dan kepuasan keluarga semakin meningkat