KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENILAIAN AUTENTIK
Main Authors: | Hajaroh, Siti, Adawiyah, Raudatul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
, 2018
|
Online Access: |
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778 https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778/439 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaianautentik dan apa saja kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datayang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penilaianautentik di MIN 1 Lombok Tengah diterapkan dengan cukup baik oleh para guru dan sudah sesuai aspek-aspek yang ada dalam penilaian autentik yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan danaspek keterampilan. Tetapi dalam menerapkan model penilaian ini, masih terdapat beberapa guru yang belum memahami dan mengalami kesulitan dalam menerapkan penilaian autentik ini.Adapun kesulitan yang dihadapi guru di MIN 1 Lombok Tengah yaitu: kesulitan dalammenentukan kriteria penilaian, kesulitan dalam memberi skor, kesulitan dalam memanfaatkanwaktu dan kesulitan dari perbedaan karakter siswa. Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kesulitan tersebut yaitu, mengikuti berbagai pelatihan, bermusyawarah dengansesama guru dan belajar secara autodidak.