INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA

Main Authors: Fitriani, Iwan, Saumi, Abdulloh
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram , 2018
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774/434
ctrlnum article-774
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA</title><creator>Fitriani, Iwan</creator><creator>Saumi, Abdulloh</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) wujud nilai karakter yangdiinternalisasikan melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa (2) strategi pendidikan karakter melalui program imtaq dan (3) implikasi internalisasi pendidikan karaktermelalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif. Subjek penelitian siswa MI Nurul Qur&#x2019;an Pagutan Kota Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan). Adapun pengecekan keabsahan datadilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) wujud nilai karakter yang diinternalisasikan melaluiprogram imtaq dalam membentuk kepribadian siswa berupa nilai religius, toleransi, disiplin, cintatanah air, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta damai, (2)strategi yang digunakan melalui program imtaq adalah strategi keteladanan, teguran atau pengarahan, pengkondisian lingkungan, dan pembiasaan atau kegiatan rutin, (3) implikasiprogram imtaq terlihat dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh siswa seperti : dzikiran,shalat dhuha, pembacaan surat yasin, dan hafalan Al-Qur&#x2019;an (dari segi agama), menjuaraibeberapa mata lomba (dari segi prestasi), datang tepat waktu (segi disiplin) serta dari segi akhlak yaitu bersikap sopan dalam berintraksi baik itu dengan guru maupun dengan teman sebayanya.</description><publisher lang="en-US">Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram</publisher><date>2018-12-31</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774</identifier><source lang="en-US">El Midad; Vol 10 No 2 (2018); 75 - 97</source><source>2656-4289</source><source>2087-8389</source><language>eng</language><relation>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774/434</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 http://creativecommon.org</rights><rights lang="en-US">http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad</rights><recordID>article-774</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
author Fitriani, Iwan
Saumi, Abdulloh
title INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA
publisher Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
publishDate 2018
url https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/774/434
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) wujud nilai karakter yangdiinternalisasikan melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa (2) strategi pendidikan karakter melalui program imtaq dan (3) implikasi internalisasi pendidikan karaktermelalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif. Subjek penelitian siswa MI Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan). Adapun pengecekan keabsahan datadilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) wujud nilai karakter yang diinternalisasikan melaluiprogram imtaq dalam membentuk kepribadian siswa berupa nilai religius, toleransi, disiplin, cintatanah air, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta damai, (2)strategi yang digunakan melalui program imtaq adalah strategi keteladanan, teguran atau pengarahan, pengkondisian lingkungan, dan pembiasaan atau kegiatan rutin, (3) implikasiprogram imtaq terlihat dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh siswa seperti : dzikiran,shalat dhuha, pembacaan surat yasin, dan hafalan Al-Qur’an (dari segi agama), menjuaraibeberapa mata lomba (dari segi prestasi), datang tepat waktu (segi disiplin) serta dari segi akhlak yaitu bersikap sopan dalam berintraksi baik itu dengan guru maupun dengan teman sebayanya.
id IOS6887.article-774
institution Universitas Islam Negeri Mataram
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 957
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Mataram
library_id 879
collection El Midad : Jurnal Jurusan PGMI
repository_id 6887
subject_area Pendidikan Dasar
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6887
first_indexed 2020-03-18T09:17:47Z
last_indexed 2020-09-27T08:03:00Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686890565031952384
score 17.538404