IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BERBASIS PENGEMBANGAN DIRI DI SEKOLAH ALAM JOGJA GREEN SCHOOL

Main Authors: Saadati, Baiq Arnika, Sadli, Muhamad
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram , 2019
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1898
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1898/996
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan inklusi berbasis pengembangan diri di Jogja Green School. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan inklusi di Jogja Green School bertujuan untuk membentuk paradigma warga sekolah maupun warga masyarakat untuk berpikir secara inklusif terhadap segala bentuk perbedaan; (2) penerapan pendidikan inklusi Jogja Green School berbasis pengembangan diri peserta didik dikembangkan dengan membuat program-program yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik; dan (3) dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi, Jogja Green School menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien dengan dibantu oleh shadaow teacer atau guru pendamping untuk anak berkebutuhan khusus (ABK).