Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Penderita Autis Di Sekolah Luar Biasa Khusus (SLBK) Autis Agca Manado

Main Author: Paendong, Veronica Debora.
Format: Bachelors Book
Bahasa: ind
Terbitan: DLSU Manado , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unikadelasalle.ac.id//index.php?p=show_detail&id=10678
http://digilib.unikadelasalle.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/Capture.PNG.PNG&width=200
Daftar Isi:
  • Autisme adalah gangguan perkembangan yang khas yang mengakibatkan anakmengalami kesulitan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan berimajinasi dariyang ringan hingga berat dan seakan hidup dalam dunianya sendiri, ditandaidengan ketidakmampuan berkomunikasi secara verbal maupun non verbalterhadap lingkungan eksternalnya. Ada beberapa cara yang dapat mempengaruhikemampuan berkomunikasi anak autis salah satunya adalah terapi bermain. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain Puzzleterhadap perkembangan motorik halus anak autis di Sekolah Luar Biasa Khusus(SLBK) Autis AGCA Manado. Berdasarkan analisa bivariate denganmenggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh Z -4.785berdasarkannegative ranks dan nilai ρ = 0,000 dengan tingkat kemaknaan α 0,05 inimenunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perkembanagn motorikhalus anak autis sebelum dan sesuda h diberikan terapi bermain. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa terapi bermain puzzle efektif padaperkembangan motorik halus anak autis.NData dikumpulkan melalui lembarobservasi. Karena terapi bermain puzzle telah efektif, maka disarankan untuk terapi bermainpuzzle dapat dimasukkan dalam rencana kerja mengajar, untuk lebihmeningkatkan perkembangan motorik halus pada anak autis, Kata Kunci : Anak Autis, Motorik Halus, Terapi BermainKepustakaan : 16 Buku, 6 Jurnal, 7 Internet, 2 Skripsi