Konsep Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Muhammad Sa’id Murs’i dalam Kitab Fann Tarbiyah Al-Awlad Fil-Islam

Main Author: Anas, Muhammad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institute Agama Islam Al-Qolam Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://www.ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/139
http://www.ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/139/142
Daftar Isi:
  • Pendidikan Islam telah diyakini sebagai satu-satunya pendidikan yang mampu mencetak anak didik berbudi pekerti yang baik, bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Namun, dalam kenyataannya, kenyakinan tersebut seringkali tidak sesuai dengan fakta dan realita. Berpijak dari hal tersebut di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemikiran Muhammad Sa’?d Murs? dalam mendidik anak secara islam. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research) yaitu menelusuri sumber-sumber kepustakan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dari sumber primer yaitu buku” Fann Tarbiyah al-Awl?d fi al-Isl?m”karya Muhammad Sa’?d Murs?, Penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan guna mencari solusi suatu permasalahan, dengan tehnik analisis deskriptif serta menggunakan interpretasi data yaitu menyelami isi buku dan mengungkap pesan yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh pertama landasan Theologi pendidikan anak, kedua memahami karakter anak agar pendidik bisa menyikapi prilaku anak yang kelihatanya menyimpang dengan tepat, ketiga penggunaan metode, metode berfungsi untuk mempermudah siswa memahami bahan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai, keempat adalah materi pendidikan, materi pendidikan menurut pandangan beliau adalah meliput: Aqidah, ibadah dan akhlak materi beliau diakhiri dengan pendidikan seks.