PROTOTIPE SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN ARSIP DATA PEGAWAI PADA DINAS PUPR BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI KALBAR)

Main Author: Firmansyah, Yoki
Format: Article info Journal
Terbitan: LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia , 2020
Online Access: https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/354
Daftar Isi:
  • Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat yang terletak di Jl. Jenderal Ajmad Yani No.252, Bansir Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sistem pengelolaan arsip data pegawai yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat, terbilang masih memiliki kekurangan, mulai dari proses pencarian atau pengecekan data pegawai, mengarsipkan data pegawai, dan pembuatan laporan kenaikan pangkat berkala, masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan mengarsipkan nya masih menggunakan lemari yang di susun menggunakan map, proses pencarian maupun pengecekan data pegawai baik untuk kepentingan dalam pembuatan laporan kenaikan pangkat berkala maupun untuk kepentingan lainnya harus dibuka satu persatu dari 500 pegawai. Dari berbagai masalah yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Barat sangat membutuhkan kemajuan teknologi yaitu dengan sistem yang sudah terkomputerisasi. Metode yang digunakan untuk pengembangan Prototype ini yaitu SDLC Prototype yang dimulai dari mendengarkan kebutuhan pelanggan, Melakukan Perencanaan, Memperispakan Desaign Interface dan Melakukan Evaluasi, adapun tujuan dari dibuatnya prototype ini yaitu untuk mempersingkat waktu dalam pencarian arsip data pegawai guna pelaporan kenaikan pangkat berkala maupun kepentingan lain, mengelola seluruh arsip data pegawai agar lebih mudah, memudahkan staff pegawai dalam proses pemberiaan data diri, serta mencegah data dari kerusakan, kekeliruan dan hilangnya data pegawai.