SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MARKETING TOOLS SERTA PENERAPAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA PROSES UJI KUALITAS BARANG ( STUDI KASUS PT EDI INDONESIA )
Main Authors: | Azza, Gana Muhibudin, Dores, Ardiansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/109 https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/109/45 |
Daftar Isi:
- Komputer telah menjadi alat bantu utama dalam tiap kegiatan manusia. Tidak hanya untuk aplikasi bisnis, namun juga dalam kegiatan sehari-hari dari setiap perusahaan. Penelitian yang dilakukan pada bagian marketing PT. EDI Indonesia, berorientasi pada manajemen persediaan barang, pencatatan marketing tools dan penyajian informasi secara komputerisasi. Dalam artian sistem yang akan dirancangan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mulai dari proses pengajuan permohonan marketing tools, pencatatan pemasukan dan pengeluaran data barang yang masih dilakukan secara manual, serta proses uji kualitas barang menggunakan metode AHP(Analytical Hierarchy Process). Untuk itu diperlukan pengoptimalan penggunaan komputer terhadap pemrosesan data dengan perancangan sebuah sistem informasi yang diaplikasikan kedalam bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter dan database MySQL agar dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada dengan mampu menjawab kebutuhan bagian marketing. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi yaitu System Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari Perancangan Sistem Informasi Manajemen Marketing Tools ini adalah fitur pengelolaan data marketing tools, data tersebut digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan secara cepat untuk melakukan pengajuan permohonan pengadaan barang serta untuk mengetahui kualitas barang. Selain itu pengolahan data dapat dimanfaatkan sebagai pelaporan secara efisien kepada top management.