APLIKASI CHATBOT (MILKI BOT) YANG TERINTEGRASI DENGAN WEB CMS UNTUK CUSTOMER SERVICE PADA UKM MINSU
Main Authors: | R, Ananda Dwi, Imamah, Firdha, Andre S, Yusuf Mei, Dores, Ardiansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM AMIK Dian Cipta Cendikia
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/108 https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/108/44 |
Daftar Isi:
- Peran customer service sangat di perlukan dalam melayani pemesanan pelanggan, salah satunya pada UKM MINSU yang memiliki bisnis berjualan susu. Beberapa permasalahan dihadapi, salah satunya terkait dengan peran customer service yaitu keterbatasan dalam melayani pelanggan. Chatbot merupakan suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin. Aplikasi Chatbot di harapkan mampu menggantikan peran customer service untuk dapat melayani pelanggan lebih efisien serta dapat meningkatkan omset penjualan. Aplikasi ini dibangun menggunakan sistem pakar dengan metode forward chaining. Metode pengumpulan data pada penelitian ini salah satunya adalah menggunakan metode wawancara dimana penulis melakukan wawancara dengan pemilik UKM MINSU untuk mengetahui bagaimana menangani pelayanan pelanggan pada UKM MINSU yang berjalan saat ini. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan Aplikasi Chatbot Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU.