HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RAWAT INAP RS. BAPTIS BATU

Main Author: Fitriani, Dwi Wulan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPMK STIKES Widyagama Husada , 2020
Online Access: https://ojs.widyagamahusada.ac.id/index.php/JIK/article/view/220
https://ojs.widyagamahusada.ac.id/index.php/JIK/article/view/220/195
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien,  apabila jasa yang diberikan  dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Untuk itu rumah sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden dengan teknik Probability Sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,94% kualitas pelayanan baik dan 73,36% kepuasan pasien baik. Hasil penelitian  menggunakan uji statistik dengan uji Spearman Rank. Didapatkan bahwa koefisien korelasi (r) kepuasan pasien dan kualitas pelayanan sebesar 0,805 dengan taraf signifikasi (ρ) adalah 0,000 dengan ρ<0,01. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS di rawat inap RS. Baptis Batu. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang diterima pasien maka semakin tinggi kepuasan pasien. Pihak rumah sakit perlu memperbaiki kualitas pelayanan yang kurang yaitu fasilitas fisik rumah sakit khususnya kamar mandi pasien, kecepatan pelayanan obat dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan dari petugas kesehatan. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien, BPJS