Manajemen Lalu Lintas Pemindahan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pada Kawasan Alun-Alun Kota Tegal
Main Authors: | Baharuddin, Alfan, Djakfar, Ludfi, Bowoputro, Hendi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, University of Brawijaya
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/308 https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/308/304 |
Daftar Isi:
- Salah satu permasalahan yang menurunkan fungsi dan kapasitas jalan di Kota Tegal adalah keberadaan PKL di tempat umum antara lain: 1) Trotoar,; 2) Bahu jalan; dan 3) Badan Jalan, yang berubah fungsi menjadi tempat berjualan PKL dan parkir oleh sebab itu perlu dilakukan manajemen lalu lintas pada kawasan alun-alun Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas pada kawasan alun-alun kota Tegal. Lokasi penelitian yaitu pada kawasan alun-alun Kota Tegal. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan analisis MKJI dan Aplikasi perangakat lunak (Software), Contram Versi 5. Berdasarkan hasil analisa, skenario II (Jalan Pancasila dibagi untuk Lalu lintas dua arah, Pedagang Kaki Lima dan Pedestrian) dianggap skenario yang lebih baik dibandingkan skenario I (Penutupan Arus Lalu lintas Sebelah Barat Jalan Pancasila) untuk penempatan pedagang kaki lima pada saat manajemen rekayasa lalu lintas di lakukan, karena skenario II tingkat pelayanan kinerja lalu lintas di kawasan alun-alun kota tegal memiliki rata-rata nilai “B”, hanya pada jalan Kolonel Sudiarto memiliki nilai tingkat pelayanan “C”, baik saat kondisi sekarang (2015) maupun kondisi di masa yang akan datang (2020).