skripsi: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Main Author: FARHATUN
Format: Book Serial
Terbitan: STKIP PGRI BANGKALAN , 2015
Subjects:
Online Access: http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=170
http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/repository/abstrak.docx
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Farhatun. 2015. Perbandingan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Skripsi, Program StudiPendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Dra. Naning Sulistyowati (II) AbdurRosyid, S.Si, S.Pd, M.Si. Kata kunci: Model pembelajaran Numbered Heads Together,Model pembelajaran Think Pair Share,prestasi belajar siswa. Pendidikan sangat penting bagi manusia. kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan yang diterapkan. Pendidikan yang baik bergantung pada proses pembelajaran yang dipengaruhi oleh kecocokan pendekatan pembelajaran, kualitas guru dalam mengajar, keterlibatan lingkungan, keadaan siswa, materi, dan lain-lain. Semuanya saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuantitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang menggunakan data angka lalu data diolah melalui penghitungan matematika dengan berbagai rumus statistika, yang merupakan dasar penggunaan pendekatan kuantitatif karena sebagian besar dari data yang dikehendaki dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan “posttest-Only Control Design”, yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat perbedaan pencapaian antara kelompok eksperimen tipe NHT dengan pencapaian kelompok eksperimen tipe TPS. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB MTs Miftahul Huda Alaskokon Modung dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen tipe TPS sedangkan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen tipe NHT. Hasil penghitungan pada penelitian ini diperoleht hitung = 2,12 sedangkan pada tabel tampak taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 1,76. Jadi hasil penghitungan lebih besar nilainya dibandingkan nilai pada tabel. Dengan kata lain ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TPS terhadap prestasi belajar siswa. ABSTRACT Farhatun. 2015. Comparison of Cooperative Learning model of type Numbered Heads Together With Type Think Pair Share Against Student Achievement, Thesis, Department of Mathematics Education, Bachelor, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors: (I) Dra. Naning Sulistyowati (II) AbdurRosyid, S.Si, S.Pd, M.Si. Keywords: learning model Numbered Heads Together, learning model Think Pair Share, student achievement. Education is very important for humans. progress of a nation is determined by the quality of education that is applied. Good education depend on the learning process that is influenced by match approach to learning, teaching quality, environmental engagement, the state of students, materials, and others. It all affect each other and relate to each other. This study uses quantitative experimental research troubleshooting procedures using the numeric data and the data processed through mathematical calculations with various statistical formula, which is the basis for the use of a quantitative approach because most of the data requested in this research is quantitative. This research uses design "posttest-Only Control Design", the research done by looking at the difference in achievement between the experimental group NHT with the achievement of the experimental group SMT type. This research subject is class VIIIA and VIIIB MTs Miftahul Huda Alaskokon Modung with VIIIA class as a class experiment SMT type while VIIIB class as a class experiment NHT. Calculation results in this study was obtained t = 2.12, while the table looks significance level of 5% was obtained value of 1.76. So the results of a calculation of greater value than the value in the table. In other words there is a difference between cooperative learning model NHT with SMT type on student achievement.