skripsi: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI

Main Author: alfaris rahman
Format: Book Serial
Terbitan: STKIP PGRI BANGKALAN , 2015
Subjects:
Online Access: http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=164
http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/repository/abstrak.docx
Daftar Isi:
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRAK Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, tes hasil belajar siswa terhadap model problem based learning dengan media prezi. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, hal ini karena data yang diambil menggunakan konsep analisis dan perhitungannya dengan statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Nurul Hudha dengan subyek penelitian sebanyak 30 orang. Instrumen yang dipakai berupa lembar validasi RPP, LKS, THB, lembar pengamatan guru, pengamatan aktivitas siswa, respon siswa, dan tes hasil belajar. Adapun datanya diambil dari hasil : (1) pengamatan guru dengan skor rata-rata 3,5, (2) aktivitas siswa dengan semua aspek dengan skor rata-rata 2,53, (3) THB dengan skor rata-rata siswa tuntas 88% , dan (4) respon siswa dengan skor rata-rata 88%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penelitian ini berhasil. Kata kunci : problem based learning, media prezi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRACT Problem Based Learning a learning model that uses real-world problems as a context for students to learn about critical thinking and problem solving skills. As well as to acquire knowledge and essential concept of learning material. The aim of this study is about how teachers manage learning, student activities, student response, student achievement test against the model problem based learning with media Prezi. As for the kind of this research is quantitative descriptive research, this is because the data is fetched using a concept analysis and calculations with statistics. This study was conducted in SMP Islam Nurul Hudha with a research subject as many as 25 student. Instruments used in the form of sheets validation lesson plans, worksheets, THB, sheet teacher observation, observation of student activity, student responses, and achievement test. The data is drawn from the results: (1) observations of teachers with an average score of 3.5, (2) the activity of students with all aspects with an average score of 2.53, (3) THB with an average score of students complete 88% and (4) the response of students with an average score of 88%. From these results it can be seen that the research is successful. Keywords: problem based learning, media Prezi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRAK Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, tes hasil belajar siswa terhadap model problem based learning dengan media prezi. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, hal ini karena data yang diambil menggunakan konsep analisis dan perhitungannya dengan statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Nurul Hudha dengan subyek penelitian sebanyak 30 orang. Instrumen yang dipakai berupa lembar validasi RPP, LKS, THB, lembar pengamatan guru, pengamatan aktivitas siswa, respon siswa, dan tes hasil belajar. Adapun datanya diambil dari hasil : (1) pengamatan guru dengan skor rata-rata 3,5, (2) aktivitas siswa dengan semua aspek dengan skor rata-rata 2,53, (3) THB dengan skor rata-rata siswa tuntas 88% , dan (4) respon siswa dengan skor rata-rata 88%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penelitian ini berhasil. Kata kunci : problem based learning, media prezi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRACT Problem Based Learning a learning model that uses real-world problems as a context for students to learn about critical thinking and problem solving skills. As well as to acquire knowledge and essential concept of learning material. The aim of this study is about how teachers manage learning, student activities, student response, student achievement test against the model problem based learning with media Prezi. As for the kind of this research is quantitative descriptive research, this is because the data is fetched using a concept analysis and calculations with statistics. This study was conducted in SMP Islam Nurul Hudha with a research subject as many as 25 student. Instruments used in the form of sheets validation lesson plans, worksheets, THB, sheet teacher observation, observation of student activity, student responses, and achievement test. The data is drawn from the results: (1) observations of teachers with an average score of 3.5, (2) the activity of students with all aspects with an average score of 2.53, (3) THB with an average score of students complete 88% and (4) the response of students with an average score of 88%. From these results it can be seen that the research is successful. Keywords: problem based learning, media Prezi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRAK Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa, tes hasil belajar siswa terhadap model problem based learning dengan media prezi. Adapun jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, hal ini karena data yang diambil menggunakan konsep analisis dan perhitungannya dengan statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Nurul Hudha dengan subyek penelitian sebanyak 30 orang. Instrumen yang dipakai berupa lembar validasi RPP, LKS, THB, lembar pengamatan guru, pengamatan aktivitas siswa, respon siswa, dan tes hasil belajar. Adapun datanya diambil dari hasil : (1) pengamatan guru dengan skor rata-rata 3,5, (2) aktivitas siswa dengan semua aspek dengan skor rata-rata 2,53, (3) THB dengan skor rata-rata siswa tuntas 88% , dan (4) respon siswa dengan skor rata-rata 88%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penelitian ini berhasil. Kata kunci : problem based learning, media prezi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI PADA MATERI BANGUN DATAR ABSTRACT Problem Based Learning a learning model that uses real-world problems as a context for students to learn about critical thinking and problem solving skills. As well as to acquire knowledge and essential concept of learning material. The aim of this study is about how teachers manage learning, student activities, student response, student achievement test against the model problem based learning with media Prezi. As for the kind of this research is quantitative descriptive research, this is because the data is fetched using a concept analysis and calculations with statistics. This study was conducted in SMP Islam Nurul Hudha with a research subject as many as 25 student. Instruments used in the form of sheets validation lesson plans, worksheets, THB, sheet teacher observation, observation of student activity, student responses, and achievement test. The data is drawn from the results: (1) observations of teachers with an average score of 3.5, (2) the activity of students with all aspects with an average score of 2.53, (3) THB with an average score of students complete 88% and (4) the response of students with an average score of 88%. From these results it can be seen that the research is successful. Keywords: problem based learning, media Prezi