SKRIPSI:THE EFFECT OF GOOGLE MAPS ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY FOR ELEVENTH GRADE OF SMA NEGERI 2 BANGKALAN

Main Author: DESY YUNIASARI
Format: Book Serial
Terbitan: STKIP PGRI BANGKALAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=129
http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/repository/
http://perpus.stkippgri-bkl.ac.id:80/repository/ABSTRACT.docx
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yuniasari, Desy. 2016. The Effect of Google Maps on Students’s Speaking Ability for Eleventh Grade Students of SMA Negeri 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Bahasa Inggris, Program Wisuda, STKIP PGRI Bangkalan. Dosen Pembimbing : (1) Milawati, M.Pd dan (II) Tera Athena, M.Pd Kata kunci : Speaking, Asking and Giving Direction dan Google Maps Berbicara adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa. Berbicara menjadi cara untuk menguasai kelancaran dan kosakata yang baik. Rumusan masalah yaitu “apakah siswa yang diajari menggunakan Google Maps dalam asking and giving direction memiliki kemampuan yang lebih baik than mereka yang tidak diajari menggunakan Google Maps terhadap siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Bangkalan ?” Penelitian ini memiliki tujuan. Tujuannya untuk menemukan efek dari penggunaan Google Maps terhadap kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Bangkalan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain pre experimental. Total populasi berjumlah 157 siswa yang merupakan keseluruhan siswa kelas sebelas. Sementara itu, sampel hanya diambil dari kelas XI MIA 7. Penelitian ini menggunakan 5 pertemuan. Pertemuan pertama adalah pretest, pertemuan kedua, ketiga dan keempat adalah treatment serta pertemuan terakhir adalah posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh, siswa yang diajari menggunakan Google Maps mempunyai kemampuan berbicara yang lebih baik dalam asking and giving direction dibandingkan siswa yang tidak diajari menggunakan Google Maps terhadap siswa kelas sebelas di SMA Negeri 2 Bangkalan. Ini dapat dibuktikkan melalui hasil t-value yang lebih besar dibandingkan hasil t-table. Hasil t-value sebesar 2.28 dan nilai t-table sebesar 1.717 (5%). Sehingga, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kesimpulannya, Google Maps menjadi media yang efektif untuk mendapatkan kemampuan berbicara yang lebih baik. Oleh karena itu, terdapat efek yang baik dari penggunaan Google Maps terhadap kemampuan berbicara siswa pada asking and giving direction. Akhirnya, peneliti berharap guru dapat memperhatikan ketersediaan wi-fi di sekolah terlebih dahulu ketika guru ingin memakai wi-fi. Selain itu, peneliti berharap peneliti lain dapat meneliti penggunaan Google Maps terhadap tingkatan siswa yang berbeda dengan materi berbicara lainnya. ABSTRACT Yuniasari, Desy. 2016. The Effect of Google Maps on Students’s Speaking Ability for Eleventh Grade Students of SMA Negeri 2 Bangkalan. Thesis, English Department, Graduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisor:(1) Milawati, M.Pd and (II) Tera Athena, M.Pd Key Words: Speaking, Asking and Giving Direction and Google Maps Speaking is one of skill which must be mastered by students. Speaking becomes way to obtain the fluency and vocabulary. The statement of problem is “Do the students taught using Google Maps have higher speaking ability in asking and giving direction than those not taught using Google Maps at the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Bangkalan?” This study has objective. It is to find out the effect of Google Maps on students’ speaking ability at eleventh grade of SMA Negeri 2 Bangkalan. In this study, pre experimental research was used. Total number of population was 157 students which refers to whole eleventh grade students. Meanwhile, sample just took XI MIA 7 class. This study needed 5 meeting. The first meeting was pretest, the second, third and the forth meeting were treatments, and the last meeting was posttest. Based on the obtained result, the students taught using Google Maps have higher speaking ability in asking and giving direction than those not taught using Google Maps at the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Bangkalan. It can be proven through result of t-value is higher than t-table. Result of t–value was 2.28 with t-table score was 1.717 (5%). Therefore, alternative hypothesis was accepted and null hypothesis was rejected. In conclusion, the students taught using Google Maps have higher speaking ability in asking and giving direction than those not taught using Google Maps at the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Bangkalan. Hence, there is good effect of the uses of Google Maps to the students’ speaking ability in asking and giving direction. Finally, it is expected that the teacher should notice available wifi at the school ahead when the teacher wants to use wi-fi. Moreover, the researcher hope other researchers can investigate using Google Maps toward different level students with another speaking material.