Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Gradien, Persamaan, Dan Grafik Garis Lurus Melalui Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 3 Grati Satu Atap Kabupaten Pasuruan

Main Author: ., Riyanto
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/73
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/73/66
Daftar Isi:
  • Sejumlah masalah harus dihadapi dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini dan salah satu masalah yang utama adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak dari rerata hasil belajar siswa yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran Matematika khususnya pada Kompetensi Dasar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus sangat rendah, yakni 45% siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 57,27. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Galery of Learning dan diharapkan minimal 75% dari jumlah siswa mampu memahami konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 1 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika Kompetensi dasar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus melalui metode Galery of Learning pada siswa Kelas VIII BI B SMP Negeri 3 Grati Satu Atap Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Galery of Learning dalam meningkatkan kemampuan belajar Matematika materi ajar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 71,36; siklus  II 76,82; dan siklus III 80,91. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 63,64%, siklus II meningkat menjadi 77,27%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 90,91%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Galery of Learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan belajar Matematika pada materi ajar Menentukan Gradien, Persamaan, dan Grafik Garis Lurus.