Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Perjuangan Para Tokoh Pejuang Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas V SDN Sumbersuko I Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan

Main Author: Astuti, Winarti Kusuma
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/70
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/70/63
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjahahan Belanda dan Jepang melalui strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa Kelas V, SDN Sumbersuko I Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjahahan Belanda dan Jepang ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 74,64; siklus II 81,43; dan siklus III 86,79. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 64,29%, siklus II 85,71%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.