Peningkatan Kemampuan Mengenal Koperasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas IV SDN Kertosari 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan
Main Author: | Hartini, Titin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/68 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/68/61 |
Daftar Isi:
- Strategi pembelajaran yang kurang melibatkan siswa akan menurunkan minat siswa, sehingga prestasi belajarnyapun akan mengalami penurunan.. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada kompetensi dasar Mengenal Koperasi yang didengar dalam beberapa kalimat sangat rendah. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan strategi pembelajaran Inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan.Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Koperasi Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Strategi Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas IV SDN Kertosari 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan strategi pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial materi ajar Mengenal Koperasi ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 71,88; siklus II 74,75, dan siklus III 80,38. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 60,00%, siklus II meningkat menjadi 75,00%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 92,50%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Inquiry dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan Mengenal Koperasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial