Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Struktur Teks Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Terbimbing Pada Siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo

Main Author: Woelan, Tri
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/65
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/65/58
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terbimbing pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran terbimbing dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Babadan. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (76,19%), siklus III (90,48%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMPN 1 Babadan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis teks deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia.