Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Struktur Teks Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Terbimbing Pada Siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo
Main Author: | Woelan, Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun
, 2018
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/65 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/65/58 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran terbimbing pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran terbimbing dalam belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VII-B SMPN 1 Babadan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Babadan. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,67%), siklus II (76,19%), siklus III (90,48%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah merode pembelajaran terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMPN 1 Babadan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis teks deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia.