Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran Yang Mengembangkan Seluruh Potensi Peserta Didik) Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Kelas X-2 Semester Genap Di SMA Negeri 2 Madiun

Main Author: Urbaniwati, Neni Umi
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/398
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/398/357
Daftar Isi:
  • Dengan menggunakan metode Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan seluruh potensi peserta didik) dapat berjalan dengan optimal. Kemampuan dasar pada materi pembelajaran hubungan pemerintahan pusat dan daerah dapat tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada hasil evaluasi siswa yang mencapai ketuntasan 78,33%. Pada Siklus I hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 22 (66,67) dan sedang sebanyak 4 (12,13) serta sebanyak 6 (18,19) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 12 (36,37), yang memiliki perhatian sebanyak 6 (18,19) dan perhatian kurang 15 (45,46). Hasil Prestasi Belajar Siswa pada Siklus I diperoleh rata rata nilai sebesar 68,55. Hal ini masih berada di bawah standart ketuntasan belajar yang ditentukan sebesar 75 (75%). Pada Siklus II  hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 28 (84,85) dan sedang sebanyak 2 (6,06) serta sebanyak 3 (6,06) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 26 (78,79), perhatian orang tua sebanyak 4 (12,13) dan perhatian kurang 3 (9,09). Hasil Prestasi Belajar Siswa diperoleh rata rata nilai sebesar 88,28. Hal ini berada di atas standart ketuntasan belajar yang ditentukan sebesar 75 (75%). Maka dari hasil kegiatan penelitian pada siklus II ini dinyatakan berhasil dan tuntas. Hipotesis yang dianjurkan dalam penelitian tindakan kelas ini : “Jika kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan seluruh potensi peserta didik) pada materi pembelajaran Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan perananya dalam kehidupan  pada pelajaran Biologi prestasi belajar siswa dapat meningkat”, dapat di terima.