Peningkatan Prestasi Lari 50 Meter Mata Pelajaran Penjasorkes Dengan Menggunakan Metode Progresif Pada Siswa Kelas V SDN Arjowinangun Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan

Main Author: ., Rinto
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/115
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/115/109
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi Lari 50 Meter melalui Metode Progresif pada siswa Kelas V SDN Arjowinangun Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diharapkan adalah pengajaran yang dapat membuat siswa benar-benar mampu menerapkan, bukan hanya menguasai teori saja. Pada kenyataannya pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, siswa belum dapat menerapkan secara maksimal. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa keterampilan siswa untuk dalam bidang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya pada materi Lari 50 Meter sangat rendah, yakni hanya 54,05% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas belajar dan nilai rerata yang dicapai hanya 60,54.  Untuk itu, peneliti menawarkan model pembelajaran Metode Progresif dengan harapan minimal 75% dari jumlah siswa tuntas dalam praktik materi Lari 50 Meter. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Peranan Metode Progresif dalam meningkatkan prestasi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi ajar Lari 50 Meter ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 71,22; siklus  II 74,59,  dan siklus III 81,62. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan prosentasi ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 64,86%, siklus II meningkat menjadi 83,78%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100,00%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Metode Progresif dalam proses pembelajaran dapat meningkatan prestasi Lari 50 Meter pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.