Peningkatan Hasil Belajar Meringkas Teks Tertulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning Siswa Kelas XI MAT-IA.2 SMA Negeri 1 Magetan

Main Author: Purwaningsih, Retna Wahyu
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Dinas Pendidikan Kota Madiun Bekerjasama dengan PGRI Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/113
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/113/107
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja melalui metode Gallery of Learning pada siswa Kelas XI MAT-IA.2 SMA Negeri 1 Magetan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari daftar nilai diketahui bahwa kemampuan siswa dalam bidang Bahasa Indonesia khususnya pada Kompetensi dasar Mendeskripsikan Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja sangat rendah, yakni 37,50% dari jumlah siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 66,67. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal.  Peranan Model Pembelajaran Gallery of Learning dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia materi ajar Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,19; siklus II 77,19; dan siklus III 80,94. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 68,75%, siklus II meningkat menjadi 78,13%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,75%.