Peningkatan Keterampilan Menulis Wacana Yang Bercorak Naratif, Deskriptif, Ekspositiris Dan Argumentatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas XI Mipa 8 SMA Negeri 1 Magetan
| Main Author: | ., Pudjo Buntoro |
|---|---|
| Format: | Article info application/pdf Journal |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN
, 2018
|
| Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/99 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/99/92 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan Menulis Wacana yang Bercorak Naratif, Deskriptif, Ekspositiris dan Argumentatif melalui metode Elaborasi Siswa Kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Indonesia materi ajar Menulis Wacana yang Bercorak Naratif, Deskriptif, Ekspositiris dan Argumentatif ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 68,48; siklus II 72,73; dan siklus III 77,12. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu siklus I 60,61%, siklus II 69,70%, siklus III mencapai 90,91%.
