Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Teks Seni Dan Teks Ilmiah Sederhana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas VIII C Smp Negeri 2 Kecamatan Bungkal

Main Author: Astuti, Titik Dwi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/97
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/97/90
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana melalui strategi pembelajaran SMaRT Learning pada siswa Kelas VIII C, SMP Negeri 2 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan model pembelajaran SMaRT Learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 71,89; siklus II 75,37; dan siklus III 83,78. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II 81,48%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.