Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Untuk Teman Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS) Siswa Kelas IV SDN 2 Banyudono Kecamatan Ponorogo

Main Author: Fadilah, Siti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MKKS) SMP KOTA MADIUN , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/79
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JEG/article/view/79/72
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan penguasaan konsep Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita melalui pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS), 2) Mengetahui kemampuan guru dalam upaya merenovasi pelaksanaan pelajaran Bahasa Indonesia melalui pengembangan model pembelajaran, 3) Memperluas wawasan guru terhadap perlunya pengembangan model pembelajaran, 4) Mengetahui peningkatan penguasaan konsep Bahasa Indonesia khususnya Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dapat ditingkatkan dengan pembelajaran Olah Pikir Sejoli (OPS). Hal ini dapat dibuktikan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing adalah, pada siklus I 73,00, siklus II 77,50, dan siklus III 83,50. Peningkatan ini juga diikuti dengan kenaikan tingkat ketuntasan belajar yaitu pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas belajar adalah 70,00%, siklus II 80,00% dan siklus III 100%.